Sunday 27 December 2015

Serunya berburu seserahan dan mahar dengan budget minim (5 jutaan all in) ala tika part 1

Disclaimer:
1. Postingan ini murni untuk share pengalaman, meskipun nanti mengandung unsur riya-ujub, tolong dimaafkan.
2. Please no hard feeling and bad vibes.

Tau ga sih, sebenernya aku ga pandai banget dalam ngerangkai kata, semoga dengan ngeblog bisa melatih membuat tulisan dengan baik. Amin.

Sebelum menceritakan semuanya di blog ini saya bikin skema, atau lebih tepatnya catatan perjalanan. Setidaknya ilmu pas aku diksar di sentraya bhuana (mapala fakultas aku dulu) terpakai. Iyalah aku juga spesialis instruktur catatan perjalanan berturut-turut. Haha..

Seperti ini corat coretnya..



Melanjutkan cerita dari Proposal seserahan (budget 5 jutaan all in), ini seperti challenge bagi aku dan si abang.
Iyah, serius. Dan beberapa saran sebelum mulai berbelanja sebaiknya:
1. Makan dulu dari rumah.
2. Siapin budget lebih, kenyataannya banyak yg meleset, tapi saya tetapkan plafond semua seserahan dan mahar budget 5 jutaan dan jangan sampai 6 juta lebih.
3. Kalo mau rempong dikit bawa minum dari rumah. Serius hari itu haus banget.
4. Pake pakaian super nyaman dan sopan.

Oke.
Jam 10 pagi start dari tempatku di parung serab, tangerang. Naik gojek. Tujuan pertama, thamrin city. Sampai ke tamcit jam 11an. Harusnya bayar gojek 15rb tp aku kasih 30rb. Tidak tega dan jangan pelit sama sesama pencari uang halal.

Aku nunggu di burger king, laper. Dan menghabiskan uang 49rb untuk makanan yang tidak sehat tapi enak. Ini sebenernya termasuk pemborosan.
Tapi gimana lagi, belum makan dari semalem hahahaha...
Sambil nunggu si abang lama datengnya,,,


Tempat fav kalo makan d tamcit.

30 menit lalu si abang dateng. Jam 11.30an. Dia bilang laper dong. Tapi dia ga suka makan fastfood, jadi pindah ke solaria.
SUNGGUH SAYA TIDAK MEREKOMEN SOLARIA TERUTAMA YANG DI TAMCIT.
Yang pesen si abang doang, nasgor seafood dan esteh manis 2. Langsung di getok 50rb. Aku udah makan, lagian aku ada pengalaman buruk dengan solaria, yang di rest area bandung. Ada serangga kecil di minumanku, semacam kecoak.

Posisi saat itu puenuuuhh. Dan apa yang terjadi pada nasgornya??? 
Ga enak sama sekali, beda banget kaya di solaria lainnya. Manis, tidak gelap dengan khas kecapnya. Pokoknya ga enak!. Kalaupun kelabakan kebanyakan pengunjung ya jangan gini juga. Udah di getok harganya masaknya asal-asalan, kaya bukan nasgor seafood standar di cabang lainnya yg rasanya selalu sama. Mengecewakan dan mengeluarkan 50rb dengan tidak ikhlas.
Masih enakan nasgor seafood carefour yang harganya 19rb.

Anak orang kelaperan.

Oke enough for solaria.

Lanjut berburu...
Jam 12.30
Gamis. Pertama kali beli gamis online saya di @sugargallery sekarang udah punya 6 gamis kalo ga salah beli online ataupun di tamcit langsung.
Nama tokonya Al-kautsar kalo di tamcitnya. Lantai dasar 1 blok f 15 no. 2.
Jadi ya dari jaman jomblo sampe untuk seserahan kepincutnya di mari. Harga gamisnya juga ga lebih dr 200rban. Oh iya kalo lagi ishoma tokonya juga ditutup. Toko yang syar'i. Makanya berkah terus. Selalu cucok sama gamisnya. Uda-nya jujur tentang bahan ini murah cepat rusak, dan bahan itu mahal, bagus dan tidak menerawang. Gamis-gamisnya modern kok, ga prikitiw (istilah si abang yang artinya norak alay lalala yeyeye). Ini gamis yang terpilih, setelah diskusi panjang sama si abang (dia orangnya cerewet dan detail banget masalah milih barang) lebih dari cewek. Iya serius.
Sampai di rumah aja masih dicerewetin itu gamisnya kegedean ga kalo kepanjangan di potong aja..blablablaaa...


Ini yang bahan baloteli cmiiw, harganya 180rb dari rencana pengen beli gamis 150rb jadi lebih boros 30rb. Tapi ini emang bahanya lebih bagus dari wolvis, lebih solid, dan lebih mewah terlihatnya.

Lanjut, sekitar toko al-kautsar kan banyak tu toko mukena, iya banyak banget namanya juga thamrin city. Pokoknya liat-liat iseng, nanya-nanya, nyangsang di toko nadira. Sejujurnya aku mintanya mukena bali, yang harganya 100rb, enak adem murah. Tapi kata si abang kok kurang cantik. Kata aku percuma beli mukena 500-700rb udah kaya orang ga butuh duit aja. Hahaha..boros
Allah emang suka keindahan tapi bukan pemborosan.
Jadi pilih yang nyaman, harga rasional tapi cantik.
Rata-rata yang untuk seserahan bahannya yang sutra licin dan berat. Jujuuuurr banget, ga suka, kaya bude-bude. Terus gerah bahan kaya gitu. Gimana mau khusuk kalo maksain make mukena mahal?
Mau shalat ape mau pamer?
Selera sih, tapi itu pendapatku lhoh.
Ditawarin juga yang model bahanya katun paris cmiiw. Walaupun sumpah aku suka banget sama yang namanya sulam pita bunga cantik. Tapi pas liat bahanya tipis tembus pandang. Yang ada kalo dipake shalat ke masjid, yang di belakangku tidak fokus sama bentuk tubuh aku yang seikseeehhh...

Dan ada satu yang di gantung, menjadi jodohku.
Harganya 275 ditawar jadi 250.
Sebelumnya aku minta ijin, ini harganya jauh dari proposal mukena bali yang cuma 100rb. Hiks.. Dengan romantisnya, iya kalo kamu suka ambil aja, gapapa lagian cantik ini kalo di-packing jadi seserahan. :matabelo:
Sweetkan...
Warnanya aku bengeeeett. Bahan katun jepang atas bawah motifnya sama, dengan renda cucoknya.


Lucu khaan.

Lanjut cari sejadah. Tokonya aku lupa apaan namanya. Pokoknya ga jauh-jauh amat dari nyari gamis dan mukena. Dari harga 60 apa 65 aku tawar 50 ga bisa-bisa, sampai datenglah ibu-ibu beli dan kepengen sejadah juga. Akhirnya joinan sama ibu-ibu itu, dan nawar lah kami, 
" mas nih barengin sama si ibu ini kan belinya jadi banyak tu, kasih lah 50rb"

Dan akhirnya dikasih dong!
Hahahaha jurus nawar jitu.
Beli 2 buat aku dan si abang. Setelah lama milih (lagi)
Seperti ini..


Oh iya, si abang juga aku beliin peci songkok item 60rb, aku nyari peci putih haji gitu ga ada. Yaudah deh. Katanya mau dipake pas ijab.
Pas nyoba pecinya kocak banget aku ketawa terus, kaya abang tukang sate !

Lalu sambil jalan keluar nyari basement parkiran dimana (si abang lupa masuk tamcit lewat mana tadi) hadeeehh...
Ketemu khimar syar'i yang cuco sama gamisnya. Belinya di lantai dasar kaya lobby gitu di buat kaya bazar. Harganya dr 120 aku tawar jadi 100rb. Yeay.


Cuco khaaan kek taplak meja. Motif ini lagi heitss bengeee..

Keluar thamcit jam 3an sore..
Parkirnya murah! Cuma kena 4500.
.
.
.
Lanjut! (Padahal abis kelar blanja seharian, si abang ngadu ke ibunya, capek ngikutin tika belanja, lebih dari emak-emak, mana jalanya cepet banget)

Hahahaaha.. Bakat alamiah perempuan cyiin..

Lalu kita sampai ke kalibata sekitar jam setengah 4 sore! Yeay cari inceran sepatu Bata yang lagi promo buy 1 get 1. Tidak ada kata pemborosan, yang ada pintar membeli sesuai situasi.

Sepatu abang 230rb
Sepatu aku 130rb
Kaus kaki 2*20rb jadi 40rb





Dan pas di kasir jadi bayar 270rb aja. Yashh!
Abis itu kita istirahat bentar sebelum lanjut. Padahal keliatan si abang udah gempor.

"Mau kemana lagi?"
"Pgc"
"Ngapain lagi? Beli apa lagi?"
"Handuk, liat-liat emas hehehe."
"Ya udah yuk"

Dengan muka ngeselin (dia kelaperan lagi) ngeiyain permintaanku hahaha.
 Keluar kalibata jam 5 sore kurang, parkir mahal bentar doang 4000.

Jam 5 sore pas kita sampai ke PGC (pusat grosir cililitan) akhirnya aku ga penasaran lagi kaya apa pgc. Hahahaha. 
Baru masuk ketemu tempat jual handuk, tapi terry palmer yang aku cari ga ada.
Di proposal saya budgetin dengan harga 230. Karena ga ada, adanya merk merah putih, lumayan juga kok kualitasnya. Warnanya juga aku banget!

Hahahaha. Si abang juga pasrah dengan warnanya.
Tapi ini cuma handuknya aja 2 handuk jadi 110rb (yang ini ga bisa ditawar)


Terus ini dibordirnya di atas toko handuk tadi, jadi naik tangga dulu baru itu ketemu deh nama tokonya, bordir plus cmiiw.



Aku juga debat tu diskusi pas buat namanya, milih tika apa putri? Manut si abang, udah putri aja. Untuk ukuran tulisan kaya gitu di full-in space-nya kita bayar 2*15 jadi 30rb.
Lumayan lah. Rapih, bisa milih design, mbaknya ramah baek banget. Ga lama sih buatnya, tapi nunggu sebelumnya ada ibu-ibu juga buatin handuk juga buat anaknya atau siapanya, ga gitu kepo.
Si abang kelaperan, jadi ya udah deh titipin gembolan belanjaan kita lalu cabut ke sebrang PGC ada nasi padang pakai gerobak. ENDES GILAK! suer ga bohong sambelnya enak banget!
Aku makan rendang perkedel, si abang kikil sama apa lupa, es teh manis 2 abis 48rb cmiiw. Mahal? Gapapa! Ini beneran enak. Rekomended banget nget nget!

Oke lanjut masuk PGC lagi, iseng cari toko mas. Aku nyari toko mas yang penjualnya uda padang. Gtw lebih sreg aja, maaf agak rasis. Toko pertama iseng nanya dan ga terlalu digubris soalnya di samping aku ada mbak cantik dan sepertinya udah langganan. Tokonya modern, uptodate lah untuk interior dan perhiasanya.
Ada model belah rotan cincin kawin yang polos sepasang 7 gram kadar 70%, dikasih harga 3.650, kata uda udah free design, free grafir nama, free kotak.

Abis itu ngeloyor ngambil handuk dan barang yang dititipin.
Lanjut beliin si abang celana bahan dapet 150rb. Model slimfit merk lokal apa cina ga ngerti dah yang penting nyaman dan bagus dilihat. Di toko dua mangga style deket toko bordir tadi.


Mau turun, si abang liat batik lagi (di tamcit iseng beli batik 100 dpt 3, ini ga masuk budget buat seserahan tp buat sehari-hari kalo dia ngantor)
Kepincut lagi dia sama batik modern gitu. Cakep loh. Dan si penjual batik di toko batik karya abadi ini, nawarin beli couple-an alias sarimbit! Kalo beli satu 95 kalo beli sepasang jadi 180rb
Rencananya mau dipake pas lamaran nanti.


Ada unsur ungunya lagi, yuuk.

Setelah deal, pengen pulang. Tiba - tiba pas turun ekalator, muncul lah toko emas jadul nan sepi (lebay).


Ya kan kuno banget, sekuno cincinya ya?
Hahaha.
Tadinya ga niat banget cuma pengen nanya iseng, akhirnya deal.
Bapaknya super ramah banget. Nyaman banget beli disitu. Tapi kalo kalian ngarepin cincin ready stok yang modern kemilau kinclong membahana, ya jangan harap lebih. Apa yang istimewa selain pelayanan?
Yap! Harganya bok.

Bedain dengan toko emas yang modern tadi.

Di sini saya dapetin 6.9 gram sepasang, kadar 70%, dengan harga 2.850
Pie? Bandingin sama yang tadi cumabeda 0.1 gram  bedanya 800rb sendiri. Wow bengeeee ga?
Oh iya di toko kuno ini juga jualin berlian, tp berliannya ga se bagus di jewelery di mall beken gitu. Jadi kalau cuma emas dan kadarnya sama buat apa beli yang mahal?




Di toko ini dikasih aer minum. Dikasih kalender 2 biji. Dikasih free box milih mau yang kaya acrilic bening apa hitam gagah yang kaya aku pilih.
Intinya puas banget. Tokonya deket eskalator dan atm center.

Setelah lelah lalu istirahat pulang. Jam 7 malam pulang, parkir bayar  4000. 
Sampai rumah parung serab jam setengah 9. Kalo diakumulasi progres seserahan sudah 70%. Yang belum tempat seserahan dan sisanya aku pengen alat masak, daleman, sabun, sampo, dll. hehehe..
Lelah si abang.
Semoga terbayar untuk masa depan kita.
Update ini rincianya cyiin, masih nyisa banyak bok!



Sekian. Part 2 nya nanti lanjut kalo udah belanja lagi!
Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan yang lumayan panjang ini.
Have a nice day!

4 comments:

  1. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  2. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete